KLAFIKASI HUKUM SYAR'I,TAKLIFI,DAN WAD'I
1.
Latar
belakang
Manusia membutuhkan pedoman atau
panduan untuk mengatur tata laku kehidupannya. Pedoman itu menentukan perbuatan
yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sebagai umat Islam, pedoman itu kita
dapat dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kita wajib mentaatinya. Al-Qur’an adalah
sumber pokok hukum Islam yang pertama dan As-Sunnah berfungsi untuk memperkuat,
memperjelas dan menetapkan yang belum disebut dalam Al-Qur’an. Rasulullah SAW menjadi
uswatun hasanah bagi kita.
Al-Qur’an mengandung hukum-hukum
yang kebanyakan bersifat universal. Hukum suatu masalah kadang berada di
beberapa surat dan ayat yang berbeda. Misalnya, hukum pernikahan terdapat pada
surat Al-Baqarah, surat Ath-Thalaq dan lain-lain sehingga kadang hukum-hukum
dalam Al-Qur’an tidak mudah dipahami.
Ketika nabi Muhammad SAW masih ada, setiap muncul
masalah baru atau para sahabat kesulitan mamahami kandungan Al-Qur’an, mereka
langsung bertanya kepada Rasulullah SAW. Begitu juga pada masa sahabat dan
tabiin, hal itu masih mudah dilakukan.
Ketika Islam sudah tersiar keluar negara Arab, tidak
semua orang dengan mudah memahami Bahasa Al-Qur’an dan As-Sunnah. Di sinilah
Islam memberi ruang bagi akal manusia untuk menafsirkannya. Beruntunglah kita
pada awal abad pertama banyak fatwa Imam Abu Hanifah (80-150 H) tentang
kaidah-kaidah memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan As-Sunnah
Salah seorang muridnya yang bernama
Abu Yusuf pernah mencatatkan fatwa-fatwa itu yang kemudian dikenal sebagai aggaran
Ushul Fiqih. Pada abad kedua, Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’I (150-204H)
termasyhur sebagai yang pertama menyusun Ushul Fiqih secara sempurna.
Catatan-catatan itu sampai sekarang tetap terpelihara dalam kitab Ar-Risalah.
Sehingga meskipun muncul masalah baru yang belum ditentukan hukumnya dalam
Al-Qur’an dan As-Sunnah, kita akan lebih mudah menentukannya untuk kemaslahatan
kehidupan manusia.
2.
A.
Hukum syar’i
Pengertian secara bahasa adalah :
اِثْباَتُ شَيءٍ الِىَ شَيءٍ
“Menetapkan sesuatu atas sesuatu, atau memindahkan
sesuatu daripadanya.”
Syar’i atau syari’at dari segi bahasa berarti jalan,[1]
sedangkan menurut istilah Ahli Ushul Fiqih, hukum ialah :
خِطَابُ اللهِ اْلمُتَعَلِّقُ
بِأَفْعَالِ الْمُكَلِّفِيْنَ طَلَبًا اَوْ تَخْيِيْرًا اَوْ وَضْعًا
“Khitab (titah) Allah atau sabda Nabi Muhammad SAW
yang berhubungan dengan perbuatan mukallaf (orang yang telah baligh dan
berakal), baik tuntutan )suruhan, larangan( atau takhyir (pilihan mengerjakan
atau meninggalkan), atau Wadh’i (menjadikan sesuatu sebagai
sebab, syarat atau penghalang bagi suatu hukum.)”
Berdasar definisi ini,Ulama Ushul
Fiqih membagi hukum syariat menjadi dua macam, yaitu hukum Taklifi
(thalaban wa takhyiran) dan Wadh’i.
B.
Klasifikasi
hukum syar’i
1. Hukum Taklifi
Pengertian hukum Taklifi
adalah :
كَلِّفِيْنَ المُكَلِّفِيْنَ
بِأَفْعَالِ بِأَفْعَالِ المُتَعَلِّقُ الشَرْعِ خِطَابُ اقْتَضَاه مَا تَخيِيْرٍ
اَوْ طَلَبٍ مِنْ
(عَنْهُ وَالتَّرْكِ
لفِعْلِ ا بَيْنَ )
“Hukum yang menetapkan tuntutan melakukan
sesuatu, atau tuntutan meninggalkan sesuatu, atau pilihan melakukan atau
meninggalkan sesuatu, kepada seorang mukallaf.”
Maka hukum Taklifi ada tiga yakni:
1) tuntutan melakukan,
2) tuntutan meninggalkan,
3) pilihan: melakukan atau meninggalkan
Contoh hukum Taklifi:
a.
Tuntutan
mengerjakan suatu perbuatan : berpuasa pada bulan Ramadhan. QS Al Baqarah :
183.
$yg•ƒr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä |=ÏGä. ãNà6ø‹n=tæ ãP$u‹Å_Á9$# $yJx. |=ÏGä. ’n?tã šúïÏ%©!$#
`ÏB öNà6Î=ö7s% öNä3ª=yès9 tbqà)Gs? ÇÊÑÌÈ
“Hai
orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan
atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah/2 : 183)
b. Tuntutan
meninggalkan suatu perbuatan : Berkata tidak sopan kepada orang tua.
…فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا
تَنْهَرْهُمَا ….
…Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada
keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka… (QS Al-Isra’/17 :
23)
Macam- macam hukum Taklifi
WAJIB ( Iijab)
ialah tuntutan syarak ke atas
mukallaf supaya melakukan sesuatu perbuatan dengan tuntutan pasti (jazmun).
Sekiranya tidak dilaksanakan, dia akan berdosa. Jika dilaksanakan mendapat
pahala. Contohnya solat lima waktu.
Firman Allah SWT :
"Dirikanlah solat dan keluarkan zakat".
Ayat di atas menjelaskan bahawa solat
dan zakat itu adalah WAJIB kerana ia satu bentuk tuntutan yang pasti (jazmun)
iaitu berdasarkan dalil qat'i, al-Quran al-Kariim.
Para ulama' mazhab Hanafi membezakan di antara wajib
dan fardhu. Jika tuntutan supaya melakukan sesuatu dalam bentuk pasti (jazmun)
berdasarkan al-Quran dan Hadis Mutawatir, maka ia dinamakan FARDHU. Jika
berdasarkan dalil-dalil lain, selain drp al-Quran dan Hadis, maka ia dinamakan
WAJIB.
Contohnya, membaca mana-mana surah dalam solat adalah
FARDHU kerana ia berdasarkan dalil qat'i iaitu al-Quran. Sementara membaca
surah al-Fatihah pula adalah wajib kerana ia berdasarkan dalil yang zanni iaitu
HADIS AHAD.
HARAM
ialah tuntutan syarak supaya
meninggalkan sesuatu perbuatan dengan tuntutan pasti (jazmun). Sekiranya
seseorang mukallaf itu melakukannya, dia akan berdosa. sebaliknya jika
ditinggalkan berdosa.
Contohnya, larangan mengumpat.
Firman Allah SWT;
.".. dan janganlah sebahagian drp kamu mengumpat
sebahagian yang lain" ayat 12 surah al-Hujarat
Ayat di atas menjelaskan bahawa mengumpat itu adalah
HARAM kerana ia satu bentuk tuntutan yang pasti (jazmun) iaitu berdasarkan
dalil qat'i, al-Quran al-Kariim.
MAKRUH
Sesuatu perkara yang mana lebih
afdhal (utama) ditinggalkan dari dilakukan atau apa yg dituntut oleh
syarak kepada setiap mukallaf supaya ditinggalkan (bukan dgn ilzam), di
mana lafaz adalah lafaz benci larangan tetapi terdapat qarinah yang
menunjukkan ia bukanlah haram, tetapi Makruh.
Contoh.
1. Wahai orang-orang yang beriman, janganlah
kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan
menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan,
niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu.
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. Al-Maidah : 101.
Qarinah daripada hukum Haram kepada hukum Makruh
berdasarkan..
Dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu
diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang
hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. Al-Maidah :
101.
Hukum Makruh ialah pembuatnya tidak berdosa, tetapi
hanya dicela. Sesiapa yang meninggalkannya (tidak membuat perkara tersebut)
akan mendapat pahala dan pujian drp Allah SWT.
HARUS
Sesuatu perkara yang mana
Syarak telah memberi pilihan kepada setiap mukallaf sama ada untuk melakukannya
atau meninggalkannya. Tidak ada pujian dan celaan kepada sesiapa yang
melakukannya atau meninggalkannya… jadi hukumnya adalah HALAL.
Contohnya…
Pada hari Ini dihalalkan
bagimu yang baik-baik. makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab
itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (dan dihalalkan
mangawini) wanita yang menjaga kehormatan[402] diantara wanita-wanita yang
beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang
diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu Telah membayar mas kawin mereka dengan
maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya
gundik-gundik. barangsiapa yang kafir sesudah beriman (Tidak menerima
hukum-hukum Islam) Maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk
orang-orang merugi. Al-Maidah ; 5
Dan tidak ada dosa bagi kamu
meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginan
mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan
menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin
dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka)
perkataan yang ma'ruf dan janganlah kamu ber'azam (bertetap hati) untuk beraqad
nikah, sebelum habis 'iddahnya. dan Ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa
yang ada dalam hatimu; Maka takutlah kepada-Nya, dan Ketahuilah bahwa Allah
Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. Al-Baqarah : 235
Tidak ada halangan bagi orang
buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak
(pula) bagi dirimu sendiri, makan (bersama-sama mereka) dirumah kamu sendiri
atau dirumah bapak-bapakmu, dirumah ibu-ibumu, dirumah saudara- saudaramu yang
laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, dirumah saudara bapakmu yang
laki-laki, dirumah saudara bapakmu yang perempuan, dirumah saudara ibumu yang
laki-laki, dirumah saudara ibumu yang perempuan, dirumah yang kamu miliki
kuncinya[1051] atau dirumah kawan-kawanmu. tidak ada halangan bagi kamu makan
bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah
dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang
berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi
Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan
ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya. An-Nuur : 61
SUNAT (MANDUB)
Apa yang dituntut oleh syarak
utk melakukannya dengan lafaz tidak jazmun (tidak qat'ie), iaitu
dengan memuji org yang melakukannya dengan mengurniakan pahala, tidak mencela
dan tidak berdosa org yang meninggalkannya.
Hai orang-orang yang beriman,
apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan,
hendaklah kamu menuliskannya. Al-Baqarah : 282.
Lafaz di atas menunjukkan lafaz tuntutan yang
pasti (jazmun) tetapi terdapat qarinah ….
. ….. Akan tetapi jika sebagian kamu
mempercayai sebagian yang lain, Maka hendaklah yang dipercayai itu menunaikan
amanatnya (hutangnya) Al-Baqarah : 283
Nas al-Quran di atas (al-Baqarah : 283)
menunjukkan bahawa tuntutan untuk menulis/mencatat hutang adalah Sunat (Mandub)
bukannya Wajib.
"hendaklah kamu buat perjanjian
dengan mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka". An-Nuur :
33.
Ayat di atas juga menunjukkan TIDAK WAJIB
menulis/membuat perjanjian dengan adanya Qarinah berdasarkan kaedah syarak
“Sesungguhnya pemilik harta mempunyai kebebasan dalam mengurus/membelanjakan
hartanya”
2. Hukum Wadh’i
Allah SWT menjadikan syariat
itu kabar gembira dan kemudahan bagi hambanya, dari keadaan yang lemah, dan
segala urusan yang darurat. Hukum Wadh’ie sebagaimana telah
disebutkan dalam kitab Al-wadhih, fii Usulil Fiqih,yang ditulis oleh Muhammad
Sulaiman Abdullah al-Assqar. Bahwasannya titah Allah SWT dalam kitabnya, dengan
menjadikan sebuah perintah, sebagai tanda atas perintah yang lainnya.
Adapun menurut pendapat yang
lainnya,dalam buku Ushul Fikih Bagi Pemula yang ditulis oleh; Abdul Mughits,
M.Ag hukum Wadh’ie adalah hukum yang berhubungan dengan dua hal,
yakni antara dua sebab (sabab) dan yang disebabi (musabbab), antara syarat dan
disyarati (masyrut), antara penghalang (mani’) dan yang menghalangi (mamnu),
antara hukum yang sah dan hukum yang tidak sah.
3. Macam-macam Hukum Wadh’i
1. Sebab (al-Sabab)
Sabab yang dalam bahasa Indonesia
disebut “sebab’, secara etimologis, artinya adalah “sesuatu yang memungkinkan
dengannya sampai pada suatu tujuan. “dari kata inilah dinamakan “jalan”, itu
sebagai sabab, karena “jalan” bisa menyampaikan seseorang kepada tujuan. Menurut
terminoogi, Imam al-Amidi, mendefinisikan dengan sifat Zhahir yang dapat diukur
yang ditunjukkan oleh dalil Sam’I (al-Qur’an dan sunnah) bahwa keberadaannya
sebagai pengenal bagi hukum syari’.
Sedangkan menurut Prof.DR. Rachmat
Syafii, M.A dalam bukunya Ilmu Ushul Fiqih, bahwa Sebab menurut bahasa adalah
sesuatu yang dapat menyampaikan kepada sesuatu yang lain berarti jalan yang
dapat menyampaikan kepada sesuatu tujuan. Menurut istilah adalam suatu sifat
yang dijadikan sari’ sebagai tanda dari hukum. [2]
Pengertian ini menunjukan bahwa
sebab sama dengan Illat walaupun sebenarnya ada perbedaan antara sebab dengan
Illat tersebut. Akan tetapi tidak setiap sebab disebut Illat. Jadi sebab itu
masih bersifat umum sedangkan Illat itu sudah bersifat khusus. Contoh dari
adanya sebab sesuatu adalah sebagaiman Allah SWT berfirman;
$pkš‰r'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä #sŒÎ) óOçFôJè% ’n<Î) Ío4qn=¢Á9$# (#qè=Å¡øî$$sù
Nä3ydqã_ãr öNä3tƒÏ‰÷ƒr&ur ’n<Î) È,Ïù#tyJø9$# (#qßs|¡øB$#ur öNä3Å™râäãÎ/ öNà6n=ã_ö‘r&ur ’n<Î) Èû÷üt6÷ès3ø9$# 4
Artinya; Hai orang-orang yang
beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan
tanganmu sampai dengan siku,… (Al-Maidah:6)
Adapun secara terminologi al-sabab
adalah sesuatu yang dijadikan oleh Syari’ untuk mengetahui hukum syariat
tertentu, artinya hukum syariat tersebut akan muncul jika al-sabab tersebut
ada, sebaliknya hukum syariat akan hilang dengan tidak adanya al-sabab
tersebut. Seperti firman Allah Swt. dalam surat al-Isra`:
ÉOÏ%r& no4qn=¢Á9$# Ï8qä9à$Î! ħôJ¤±9$# 4’n<Î) È,|¡xî È@ø‹©9$# tb#uäöè%ur Ìôfxÿø9$# (
¨bÎ) tb#uäöè% Ìôfxÿø9$# šc%x. #YŠqåkô¶tB ÇÐÑÈ
Artinya: Dirikanlah salat dari sesudah matahari
tergelincir. (QS. Al-Isrâ`: 78)
Dalam ayat tersebut diterangkan
bahwa condongnya matahari menjadi al-sabab adanya kewajiban salat dzuhur.
2. Syarat (al-Syarthu)
Syarat adalah sesuatu yang berada di
luar hukum syari’, tetapi keberadaan hukum syara’ bergantung kepadanya. Apabila
syarat tidak ada maka hukum pun tidak ada, tetapi adanya syarat tidak
mengharuskan adanya hukum syara’. Contohnya seperti ketika kita akan
melaksanakan shalat, maka syarat yang harus dipenuhi adalah berwudhu. Akan
tetapi ketika kita berwudhu, kita tidak harus melaksanakan shalat.
Macam-macam Syarat
1) Dilihat dari segi hubungannya
dengan al-sabab dan al-musabbab, al-syarthu dibagi menjadi dua macam:
Al-Syarthu yang menjadi
pelengkap al-sabab, artinya al-syarthu menguatkan akan makna sebab akibat
(al-sababiyyah) yang terdapat dalam hukum tersebut. Sebagai contoh, penjagaan
harta benda adalah syarat untuk melaksanakan hadd dalam pencurian.
Al-Syarthu yang menjadi
pelengkap al-musabbab, artinya menguatkan hakikat al-musabbab atau rukunnya.
Sebagai contoh, menghadap kiblat menjadi syarat sahnya salat.
3. Pencegah (Al-Mani’)
Definisi al-mani’ secara etimologi
berarti “penghalang dari sesuatu”. Secara terminologi; sesuatu yang ditetapkan
syariat sebagai penghalang bagi adanya hukum atau penghalang bagi berfungsinya
sesuatu sebab. Sebuah akad perkawinan yang sah karena telah mencukupi syarat
dan rukunnya adalah sebagai sebab waris mewarisi. Tetapi masalah waris mewarisi
itu bisa terhalang di sebabkan suami misasnya membunuh istrinya.
Macam-macam al-Mani’
Al-Mâni’ terbagi menjadi dua macam:
Mâni’ al-hukmi, yaitu al-mani’ yang
dapat menghilangkan suatu hukum syariat. Seperti tidak berlakunya qishâsh bagi
seorang ayah yang telah membunuh anaknya.
Mani’ al-sabab, yaitu al-mani’ yang
dapat menghilangkan al-sabab yang telah memunculkan suatu hukum syariat.
Seperti mengurangi nisab dalam zakat yang menjadi al-mâni’ dari kewajiban
zakat.
4. Sah (Al-Shihhah)
As-sihhah adalah suatu hukum yang
sesuai dengan ketentuan syari’ yaitu terpenuhinya sebab, syarat dan tidak ada
mani’. Misalnya, mengerjakan shalat duhur setelah tergelincir matahari (sebab)
dan telah berwudu (syarat), dan tidak ada halangan bagi orang yang
mengerjakannya (tidak haid, nifas, dan sebagainya). Dalam hal ini, pekerjaan
yang dilaksanakan itu hukumnya sah.
Daripenjelasan di atas bahwa
As-sihhah adalah apabila kita akan mengerjakan sesuatu dikatakan sah apabila
sudah ada sebab dan syarat itu terpenuhi, dan tidak ada penghalang dari kedua
hal tersebut.
5. Batal (al-Buthlan)
al-Buthlan adalah sesuatu yang
dilakukan atau hal yang diadakan oleh orang mukallaf yang tidak sesuai dengan
tuntunan syara’ adalah tidak sah dan tidak mempunyai akibat hukum, baik tidak
sahnya itu karena cacat pada rukun, maupun tidak terpenuhi syarat-syarat yang
diperlukan dan baik dalam soal ibadah, maupun dalam soal mu’amalah. Maka atas
dasar ini sebagian para ahli ushultidak membedakan antara pengertian Bathil dan
Fasid.
Jadi al-Buthlan adalah sesuatu
perbuatan yang tidak disyariatkan oleh Islam, oleh sebab itu segala perbuatan
yang tidak disyariatkan Islam adalah batal, seperti halnya; Memperjualkan
minuman keras, Narkoba. Akad ini dipandang batal , karena minuman keras dan
narkoba tidak bernilai harta dalam pandangan syara.
6. Al-‘Azimah
Secara etimologi ‘azimah berarti
al-iradah al-muakkidah atau al-qashdu al-muakkid, yaitu keinginan yang
kuat.akan tetapi Azimah dalam hukum-hukum yang disyariatkan Allah kepada
hamba-hambanya sejak semula. Jadi Azimah adalah peraturan yang telah ditetapkan
oleh Allah sejak dulu (asli) yang berlaku umum.
Adapun secara terminologi ‘azimah
berarti hukum syariat bagi sorang mukallaf yang berlaku dalam segala situasi
dan kondisi. Seperti kewajiban salat, zakat, puasa, dan lain-lain.
Misalnya bangkai, menurut aslinya,
adalah haram dimakan oleh semua orang mukallaf . akan tetapi bagi orang yang
dalam keadaan terpaksa, ia diperkenankan untuk memakannya, asal tidak
berlebih-lebihan ataudengan maksud untuk menentang ketentuan Allah. Haram
memakan bangkai itu azimah, sedangkan boleh memakan bangkai itu adalah rukhsah.
7. al-Rukhshah
Al-rukhsah ialah ketentuan yang
disyaruatkan oleh Allah sebagai peringatan terhadap orang mukallaf dalam
hal-hal yang khusus. Secara etimologi rukhshah berarti al-suhulah dan al-yusru,
atau al-tashil dan al-taisir yang berarti memudahkan atau meringankan. Adapun
secara terminologi rukhshah adalah hukum syariat yang telah ditetapkan oleh
Syari’ sebagai peringanan beban bagi seorang mukallaf dalam kondisi tertentu,
atau hukum syariat yang ditetapkan karena adanya halangan atau masyaqqah dalam
keadaan tertentu.
Macam-macam Rukhshah
Pembolehan sesuatu yang haram pada
waktu darurat atau terpaksa. Seperti makan bangkai atau makanan yang diharamkan
syariat ketika dalam keadaan sangat lapar, tidak ada makanan lain, dan takut
akan kematian.
Pembolehan meninggalkan
kewajiban. Seperti berbuka puasa bagi seorang musafir atau seorang yang sedang
sakit di bulan ramadhan dikarenakan adanya masyaqqah.
Pembolehan suatu akad muamalat
yang menjadi kebutuhan manusia. Seperti akad jual beli pemesanan. Pada dasarnya
akad jual beli pemesanan tidak diperbolehkan, karena barang yang dibeli tidak
ada ketika akad berlangsung. Syâri’ telah membolehkannya karena adanya
kebutuhan manusia dan telah menjadi hukum kebiasaan yang telah berlaku.
BAB III
Penutup
Simpulan
Berdasarkan makalah diatas kami
dapat menyimpulkan bahwa hukum Taklifi adalah Hukum yang
menetapkan tuntutan melakukan sesuatu, atau tuntutan meninggalkan sesuatu, atau
pilihan melakukan atau meninggalkan sesuatu, kepada seorang mukallaf.
Macam – macam hukum Taklifi
1. Wajib
2. Haram
3. Makruh
4. Harus
5. Sunnat
hukum Wadh’ie adalah
hukum yang berhubungan dengan dua hal, yakni antara dua sebab (sabab) dan yang
disebabi (musabbab), antara syarat dan disyarati (masyrut), antara penghalang
(mani’) dan yang menghalangi (mamnu), antara hukum yang sah dan hukum yang
tidak sah.
Macam- macam huku Wadh’i
1. Sebab
(al-Sabab)
2. Syarat
(al-Syarthu)
3. Pencegah
(Al-Mani’)
4. Sah
(Al-Shihhah)
5. Batal
(al-Buthlan)
6. Al-‘Azimah
7. Al-Rukhshah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar